Blogger templates

Senin, 06 Mei 2013

7 Tradisi Natal Terunik di Dunia

Inilah beberapa 7 tradisi natal terunik di dunia dari berbagai cara dilakukan untuk merayakan Natal. Mulai dari menghias pohon Natal, makan egg nog hingga pergi ke bioskop dan makan makanan China. Tapi ternyata ada beberapa tradisi unik yang cenderung aneh dilakukan di belahan dunia lain.
Berikut 7 tradisi Natal terunik di dunia



1. AUSTRIA
Legenda Krampus berasal dari daerah pegunungan Jerman dan tersebar luas di seluruh Hongaria, Bavaria, Slovenia dan sangat populer di Austria. Krampus adalah kembaran jahat Santa yang bertugas memukul dan menghukum semua anak yang telah melakukan kesalahan. Setiap 6 Desember, ada laki-laki berdandan memakai kostum dan topeng setan, dalam kondisi mabuk berjalan keliling kota dan memukul orang dengan tongkat dan sakelar.

2. SPANYOL, PORTUGAL DAN ITALIA
Ada sebuah tradisi Natal tradisional di beberapa bagian Spanyol, Portugal dan Italia. Mereka membuat sebuah model desa Betlehem. Termasuk di dalamnya diletakkan miniatur Maria, Yusuf dan bayi Yesus serta ‘Caganer’.

‘Caganer’ merupakan sebuah patung  manusia tradisional yang sedang buang air besar, dengan celana yang diturunkan di sekitar lutut membungkuk dengan tumpukan kotoran di belakangnya. Patung ini biasanya diletakkan di pojok.
Tradisi ini sudah ada sejak beberapa ratus tahun lalu dan kini bentuknya berkembang dari seorang lelaki berpakaian tradisional, selebriti, biarawati, politisi dan Santa Claus.

3. REPUBLIK CEKO
Di Ceko terdapat tradisi saat Natal, yakni bagi perempuan Ceko yang belum menikah, mereka meramalkan masa depan hubungan mereka tahun depan. Mereka akan berdiri dengan punggung  menghadap ke pintu lalu melemparkan salah satu sepatu  melewati bahu.

Jika sepatu dengan bagian belakang menghadap pintu itu berarti bahwa sang wanita akan menikah dalam tahun ini. Jika sepatu mendarat dengan ujung depan menghadap pintu, berarti sang wanita akan menikah tahun depan.

4. BARCELONA
Tradisi Natal aneh dan meluas di Barcelona adalah Caga Tió, patung kayu gelondongan buang kotoran. Tradisi ini dimulai dengan kayu gelondongan dilubangi, yang disangga pada empat kaki kecil seperti tongkat dan kemudian dicat seolah memiliki wajah.

Setiap malam, mulai 8 Desember, Caga Tió diberi makan dan diselimuti (sehingga tidak kena flu). Saat malam atau hari Natal, Caga Tió  diletakkan dekat perapian, dipukuli dengan kayu dan diperintahkan buang air besar. Untuk menyemangati agar Caga Tió mau buang air besar, dinyanyikan sebuah lagu dengan lirik menarik. Setelah Caga Tió selesai mengeluarkan kotoran seperti permen dan kacang, dan terakhir Caga Tió pun didorong untuk mengeluarkan bawang merah, bawang putih atau ikan harring asin.

5. NORWEGIA
Legenda Norwegia mengatakan  pada malam Natal penyihir dan roh jahat keluar mencari sapu untuk dinaiki. Untuk menggagalkan penyihir, semua sapu di rumah disembunyikan dan laki-laki pergi ke luar dengan senapan api untuk menakut-nakuti roh-roh jahat agar pergi.

6. JEPANG
Sebagian besar orang Jepang memiliki tradisi Natal yakni mereka  makan malam di Kentucky Fried Chiken. Karena sangat populer mereka harus melakukan pemesanan  untuk makan malam di KFC saat Natal di Jepang.

7. KARAKAS
Ada tradisi unik di Karakas, Venezuela, jemaat yang menghadiri misa pagi antara tanggal 16-24 Desember, mereka memiliki cara masuk gereja yang unik, umat Katolik ini masuk gereja dengan menggunakan sepatu roda. Jalan-jalan akan diblokir untuk lalu lintas kendaraan sampai pukul 8 pagi.

0 komentar:

Posting Komentar